20 Januari 2021

Workshop Daring ‘Seni Grafis dan Eksplorasi Sketsa

Dok. GNI

Bagikan:

Pandemi tidak menyurutkan semangat kita untuk tetap beraktivitas dan berkreasi. Kali ini Galeri Nasional Indonesia mengajak publik dalam program Workshop Daring Seni Grafis dan Eksplorasi Sketsa via Zoom dan live Facebook Galeri Nasional Indonesia.

Workshop ini diselenggarakan secara terpisah dalam satu hari yang sama di akhir pekan kemarin, yaitu Sabtu, 28 November 2020.

Workshop Daring Seni Grafis dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB dengan menghadirkan Arief Eko Saputro (Praktisi Perfilman dan Penggiat Seni Grafis) sebagai narasumber, dan Aola Romadhona (Edukator Galeri Nasional Indonesia) sebagai moderator.

Workshop ini membahas tentang seni grafis khususnya stensil dengan tema yang telah ditentukan, lengkap dengan langkah-langkah membuatnya.

Sedangkan Workshop Daring Eksplorasi Sketsa digelar pada pukul 16.00 WIB, dengan mengetengahkan bahasan seputar sketsa, mulai dari pengetahuan dasar hingga teknik-teknik membuat sketsa. Dipandu Zamrud Setya Negara (Pranata Humas Ahli Muda, Penggiat Sketsa), workshop ini akan menghadirkan Artyan Trihandono (Arsitek, Urban Sketcher) sebagai narasumber.

Serunya, kedua workshop tersebut memberikan kesempatan kepada para peserta untuk terlibat secara aktif. Peserta bersama-sama diajak membuat karya grafis dan sketsa selama acara berlangsung, sekaligus dapat berdiskusi secara langsung selama pengerjaan karya tersebut. Karena itulah forum daring ini tidak hanya menjadi forum penyampaian materi tentang seni grafis dan sketsa, melainkan lebih kepada forum untuk berbagi informasi dan pengalaman, baik antara narasumber dengan peserta, maupun antarpeserta di tengah kondisi seperti saat ini.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto mengatakan pola workshop daring tersebut dapat menjadi alternatif di saat kondisi yang kurang memungkinkan untuk bertemu dan bertatap muka langsung untuk melakukan aktivitas dan proses kreatif secara massal atau bersama-sama. Semoga workshop ini mampu memberikan bekal ilmu pengetahuan sekaligus skill yang dapat diterapkan bahkan setelah workshop ini selesai.

Program yang menjadi bagian dari program bimbingan dan edukasi Galeri Nasional Indonesia ini juga diharapkan mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta untuk terus semangat berkarya.

“Membuat karya seni artinya mengasah kecerdasan, kreativitas, keterampilan, dan juga membangun sisi artistik. Mari kita meningkatkan kualitas diri kita dengan mencipta karya seni,” ajak Pustanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *