Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Yuk, Nikmati Akhir Pekan dengan Sajian Musik Klasik di Monas

2 min read
Read Time1 Minute, 41 Seconds

TOPRENEUR.id – Seni merupakan bagian terpenting dari sebuah kebudayaan. Seberapa jauh suatu masyarakat menghargai seni, setinggi itu jugalah budaya dan martabat dari masyarakat tersebut.

Demi mendorong tumbuh kembangnya kebudayaan, banyak negara secara intens mengadakan pendidikan seni, khususnya seni musik di ruang terbuka. Bentuk nyatanya dengan mengadakan konser atau festival musik di alun-alun kota, taman kota, dan tempat-tempat terbuka lainnya.

Seperti pagelaran musik klasik di kota New York yang bertempat di Central Park, kota Los Angeles yang menggunakan Hollywood, masyarakat kota Berlin yang menggunakan Gendarmenmarkt dan Waldbühne, atau Singapura di Singapore Botanic Gardens.

Konser-konser seperti ini biasanya dihadiri oleh ribuan hingga puluhan ribu orang. Tujuan dari diadakannya konser seperti ini di ruang terbuka adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat awam, terutama khalayak ramai, yang belum terbiasa dengan seni murni, khususnya musik klasik, bersentuhan dengan seni tersebut.

Pada tahun ini, Jakarta Simfonia Orchestra (JSO) dan Jakarta Oratorio Society (JOS) akan mengadakan konser semacam itu bertempat di lapangan Monas, Jakarta. Pagelaran seni musik bertajuk Konser Akbar Monas (KAM) Jakarta Bersorak ini merupakan konser musik klasik yang pertama kali dilakukan di area terbuka di Indonesia.

“Melalui konser ini, bangsa kita sekali lagi membuktikan bahwa Indonesia merupakan bagian dari masyarakat dunia. Kota Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan juga nantinya akan menjadi saksi, bahwa ibukota Negara kita memiliki posisi yang sejajar, bertaraf internasional, dan pantas bersanding dengan kota-kota internasional lainnya di dunia,” kata Novita Tandry, panitia KAM 2019, Kamis (05/09).

Melalui KAM 2019 yang bakal digelar 8 September 2019 mendatang, Jakarta boleh menjadi perwakilan Indonesia di pentas dunia, yang menunjukkan bahwa keragaman memiliki kekuatan ketika bersatu.

“Kita berharap JSO melalui KAM 2019 ini mampu membawa musik bermutu bagi rakyat Indonesia dan musik yang mempersatukan seluruh bangsa. Jadikan kota Jakarta, kebanggaan Indonesia, bagian dari kota-kota metropolitan bertaraf internasional!” sebut pendiri JOS, Dr. Stephen Tong.

Selain sebagai sarana pendidikan seni, musik juga merupakan bahasa universal yang tidak membedakan suku, ras, agama, ataupun perbedaan lainnya.

“Melalui konser musik ini, semangat Bhinneka Tunggal Ika akan terekspresikan secara nyata di mata dunia, bahwa bangsa Indonesia itu beragam, namun tetap dan akan selalu satu,” tukasnya.

3 0

About Post Author

Redaksi

Editor
100 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *