Situs berita bisnis, UKM, entrepreneurship, inspirasi sukses, dan industri kreatif di Indonesia

Yuk, Olahraga Sambil Wisata di “Belitung Triathlon 2019”

2 min read

Istimewa

Read Time2 Minutes, 22 Seconds

TOPRENEUR.id – Guna memperkenalkan keindahan “Negeri Laskar Pelangi” Belitung melalui aktivitas sport tourism, Pemerintah Kabupaten Belitung dan KONI Kabupaten Belitung  menggelar “Belitung Triathlon 2019” di Tanjung Tinggi, Belitung pada 15 Desember 2019.

Para peserta akan mengikuti olahraga triathlon, yakni kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga  renang, balap sepeda, dan lari, yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.

Untuk merealisasikan event Belitung Triathlon 2019, sekumpulan pencinta Triathlon mengadakan terlebih dahulu acara Press Conference and Community Gathering” di FX Sudirman, Jakarta, (23/10/2019). Selain Ketua Ketua KONI Kabupaten Belitung, Ir. Amin Nurrachman, turut hadir dari pihak IndoRace, Husni Kamil (Race Director) dan Founder Indonesia Triathlon Series (ITS), Zacky Badrudin, dan Muhammad Farhan selaku pelaku hobi sport tourism.

“Alam Belitung yang indah dan triathlon yang menantang menjadi perpaduan yang sangat unik yang didambakan oleh peserta. Atlet Triathlon dari berbagai daerah di Indonesia dipastikan hadir memeriahkan event ini,” kata Penanggung Jawab Belitung Triathlon 2019 yang juga Ketua KONI Kabupaten Belitung, Ir. Amin Nurrachman.  

Menurut Amin Nurrachman, Belitung banyak sekali spot untuk kegiatan sport tourism. Sejauh ini Belitung termasuk lingkungannya aman dan indah bagi wisatawan. Jadi, event triathlon ini pantas sekali diselenggarakan di Belitung.  

“Triathlon adalah ‘gerbangnya untuk event berikutnya, misalnya kayak, lari, dan sepeda. Kami akan mengadakan acara ini untuk event berikutnya,” imbuh  Amin Nurrachman.

Sementara itu, Zacky Badrudin selaku founder Indonesia Triathlon Series (ITS) menyebutkan ada sekitar 100-300 peserta yang akan berpartisipasi pada acara ini. Pihaknya sudah mendapatkan respons baik dari jaringan-jaringan di luar negeri pula, misalnya di Singapore dan Malaysia.

“Kami sangat senang membantu untuk mempromosikan Belitung Triathlon 2019. Ini berkat dukungan Pemda setempat. Potensi Belitung Triathlon ini sebagai sport tourism yang bagus. Pesertanya yang datang adalah kelas A dan kelas B. Kami akan terus membantu  event ini untuk tahun berikutnya,” kata Zacky Badrudin

Para peserta yang ikut acara ini dituntut meraih poin terbanyak dalam seri lomba yang bakal digelar di lokasi berbeda di Indonesia. Belitung Triathlon 2019 akan menggelar lomba-lomba dengan kategori: Sprint Distance dan Standard Distance. Para Peserta memperebutkan total hadiah sebesar 170 juta rupiah.

“Ini jadi kesempatan baik bagi para pelaku sport tourism. Peserta bisa menikmati alam Belitung yang indah dan nyaman. Kami sudah menyiapkan ini secara teknis maupun nonteknis buat para peserta agar merasa aman dan nyaman mengikuti event olahraga ini, jelas Husni Kamil, Race Director Belitung Triathlon 2019.

Anggota DPR selaku penghobi jalan-jalan, Muhammad Farhan berencana ikut juga event menarik ini. Menurutnya, Belitung punya daya tarik luar biasa untuk acara sport tourism, seperti triathlon.

“Keindahan alam Belitung sudah mendapatkan sertifikasi geopark. Banyak daya tariknya kalau kita berada di Belitung sebagai Negeri Laskar Pelangi”. Ketika  saya berada di sana, rasanya masih alami, harga tiket tdk terlalu mahal, kuliner enak. Matahari senjanya indah, nyaman juga untuk bersepeda karena jalannya mulus. Itu yang jadi alasannya saya akan ikut triathlon di Belitung nanti,” kata  Muhammad Farhan, yang dikenal juga sebagai artis.

0 0

About Post Author

Redaksi

Editor
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *